b85nkE7YzjGj5Hni5kXGpWsk4I5044I54leRXMoF
Bookmark

Muswil ke III AMAN Nusa Bunga Flores dan Lembata, Herson Loi Terpilih Jadi Ketua

Maximilianus Herson Loi (berbaju hijau) ketika bersalaman dengan peserta MUSWIL III usai dirinya terpilih menjadi Ketua AMAN Nusa Bunga, Sabtu, 25/2/2023 (Foto: Nusapagi/Ali)

Ende - Nusapagi.com || Aliansih Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Nusa Bunga se Flores dan Lembata menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) III. Muswil tersebut di gelar sejak tanggal 23 hingga 25 Februari 2023 di Jl. Durian, Aula PSE Ende, NTT.

Pantauan Nusapagi.com Muswil kali ini menghadirkan berbagai pembicara baik dari daerah maupun nasional. Utusan dari komunitas se Flores dan Lembata termasuk WALHI NTT juga turut hadir dalam mendukung  gerakan AMAN Nusa Bunga menangani permasalahan lingkungan serta hak-hak masyarakat adat nusantara.

Adapun yang dibahas antara lain perkembangan dan dinamika internal organisasi, rencana kerja AMAN Nusa Bunga serta berbagai rekomendasi yang kemudian diteruskan ke pemerintah pusat maupun daerah. 

Selain itu, Muswil ini juga dilakukan untuk memilih Pelaksana Harian AMAN Nusa Bunga Periode 2023 - 2028 setelah 5 tahun sebelumnya dinahkodai oleh mantan anggota DPRD Ende, Philipus Kami. 

Hasil musyawarah Muswil ke III AMAN ini akhirnya memilih dan menetapkan Maximilianus Herson Loi sebagai Ketua Pelaksana Harian AMAN Nusa Bunga Periode 2023 - 2028. Putra Manggarai Timur itu terpilih setelah bersaing diantara 4 calon lainnya yang diutus masing - masing komunitas peserta Muswil se Flores dan Lembata.

Herson Loi kepada media ini mengucapkan terima kasih yang berlimpah kepada seluruh komponen yang telah berjuang dan mendukung terselenggaranya kegiatan Muswil ke Tiga ini hingga akhirnya ia terpilih menjadi ketua dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. 

"Terima kasih kepada semua pihak, semoga doa dan harapan dari kita semua bisa mengantarkan saya untuk membawa AMAN ini kedepan yang lebih baik", ungkapnya. 

Sementara itu, ketua demisioner AMAN Nusa Bunga Periode 2019 - 2023, Philipus Kami menyampaikan bahwa dirinya akan terus bersama dan membantu pengurus terpilih untuk terus konsisten menyuarakan gerakan - gerakan AMAN yang selama ini sudah ia bangun bersama rekan - rekan yang lainnya.

Disentil apakah setelah selesai mengurus AMAN ini dirinya kembali ke jalur politik, Philipus mengatakan utusan komunitas adat Nusa Bunga telah lakukan konsesus dan mendorongnya untuk maju pada perhelatan politik 2024 dengan maju sebagai calon legislatif di tingkat propinsi Nusa Tenggara Timur. *** (NP/Ali).

Posting Komentar

Posting Komentar

Centang kotak "beri tahu saya (Notify Me)" agar mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.