b85nkE7YzjGj5Hni5kXGpWsk4I5044I54leRXMoF
Bookmark

Cari Bibit Pecatur di Ende, PERCASI Gelar Turnamen Catur Antar Anak SD Hingga SMA




Ende - Nusapagi.com ||Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kabupaten Ende menggelar Turnamen Catur untuk anak usia Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat Kabupatèn Ende. Turnamen ini dimulai pada Senin (6/2/2023) dan berakhir pada tanggal 13 Februari bertempat di Aula SMPN 1 Ende.

Turnamen ini menggunakan sistem SWIS dimana setiap peserta akan diberikan kesempatan 5 kali pertemuan pertandingan dan hasilnya akan dihitung dari hasil kemenangan pada setiap pertandingan.

Ketua panitia penyelenggara, Hermanus Haning  mengatakan tujuan diselenggarakan  turnamen ini adalah untuk menemukan bibit - bibit usia dini pecàtur Kabupaten Ende yang nantinya dipersiapkan untuk mengikuti turnamen catur pada tingkat yang lebih tinggi seperti pada tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Turnamen ini juga  memberikan motivasi kepada anak - anak untuk mulai mencintai dan menggemari olahraga catur. Juga sebagai ajang  mempersiapkan atlit- atlit catur Ende pada kegiatan Porprov  tahun 2026 dan PON tahun 2028. Pada PON tahun 2028 nanti  Ende akan menjadi tuan rumah untuk cabang catur.

" Walaupun dalam keterbasan anggaran dan sarana prasarana pertandingan kita  berupaya untuk tetap menggelar turnamen ini karena ingin menemukan bibit-bibit muda pecatur Ende," kata Haning.

Haning meyakini pecatur Ende mampu bersaing dengan pecatur di tingkat provinsi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan dua medali yang diraih pecatur Ende pada Porprov tahun 2022 lalu dan salah satu pecatur Ènde, Elisabet Lili yang meraih medali emas pada Porprov 2022 lalu akan mewakili NTT mengikuti kejurnas catur di  Jakarta pada bulan Maret mendatang.

Peserta yang meraih prestasi dalam turnamen ini akan dibimbing oleh PERCASI Ende. *** (Prokopim/Helen Mei).
Posting Komentar

Posting Komentar

Centang kotak "beri tahu saya (Notify Me)" agar mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.