b85nkE7YzjGj5Hni5kXGpWsk4I5044I54leRXMoF
Bookmark

Bupati dan Wabup Ende Tanam Perdana Anakan Durian di Nuamuri Barat

Bupati dan Wabup Ende Tanam Perdana Anakan Durian di Nuamuri Barat, Rabu (4/1/2023)


Ende - Nusapagi.com || Bupati Ende, Djafar Achmad dan Wakil Bupati Erikos Emanuel Rede melakukan tanam perdana anakan Durian jenis Musangking di desa Nuamuri Barat Kecamatan Kelimutu, Rabu (4/1/2023). Kegiatan tanam perdana di lahan milik Kelompok Tani Poksadaya juga dihadiri oleh pimpinan OPD terkait.

Sebelum melakukan tanam perdana, Bupati dan Wabup  mendengarkan laporan dari ketua kelompok Tani Poksadaya Desa Nuamuri Barat, Donatus Tigatali. 

Donatus menyampaikan bahwa anakan Durian jenis Musangking ini  dibudidaya oleh 65 orang anggota kelompok. Kelompok tani sudah membudidaya sebanyak 3000 anakan dengan  lahan seluas 30 hektar.

Donatus juga  menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang terus membantu petani dengan mendatangkan bantuan anakan tanaman seperti anakan durian yang saat mulai dibudidayakan di Nuamuri Barat Kecamatan Kelimutu. 

Bupati  Ende, Djafar Achmad dihadapan anggota kelompok tani dan masyarkat desa Nuamuri Barat mengharapkan agar desa Nuamuri Barat yang sudah dijadikan sebagai kampung buah  dapat menyediakan lahannya secara baik. Tujuan agar saat  pengunjung  yang datanng dapat  menikmati buah-buahan. Kata Bupati Djafar strategi ini akan mendongkrak perekonomian petani.

Pemerintah akan terus mendukung dengan menyediakan infrastruktur penunjang  pada sèntra-sentra produksi.

Sementara itu  Kepala Dinas Pertanian Ende, Marianus Aleksander  mengatakan anakan durian ini bantuan dari kementrian Pertanian RI. Di Provinsi  NTT hanya dua  Kabupaten mendapatkan bantuan ini yaitu Kabupaten Ende dan kabupaten Manggarai.

Marianus berharap kepada anggota kelompok untuk menjaga dan.merawat anakan durian ini sehingga 3. 000 anakan yang ditanam semuanya berhasil sehingga petani semakin sejahtera.*** (PÅ•okopim/Helen)
0

Posting Komentar

Centang kotak "beri tahu saya (Notify Me)" agar mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.