b85nkE7YzjGj5Hni5kXGpWsk4I5044I54leRXMoF
Bookmark

Menikmati Keindahan Wisata Gua Mabala di Sabu Raijua


Sabu Raijua - Nusapagi.com || Kawasan wisata Gua Mabala merupakan salah satu objek wisata yang terletak di pulau Sabu Raijua. Destinasi wisata ini menyajikan udara yang segar sekaligus pemandangan alam yang indah.

Selain wisata Kelabba Madja dan Kampung Adat Namata, masih banyak objek wisata lainnya yang sangat menarik dan dapat memanjakan mata, salah satunya adalah Gua Mabala. Selain letaknya  yang bersampingan dengan pantai berpasir putih dan bukit-bukitan dengan bebatuan yang unik membuat anda akan terpukau dengan keindahan Gua Mabala.

Kawasan wisata Gua Mabala terletak di Desa Emau, Kecamatan sabu tengah, Kabupaten Sabu Raijua. Jarak dari kota seba, ibu kota Kabupaten Sabu Raijua ke Gua  Mabala kurang lebih 11 kilometer dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setiba disana anda harus berjalan kaki dari tempat parkiran  menunju ke lokasi utama melewati jalur yang sudah rapi dari beton diantara hamparan rumput yang sudah mengering dan coklat selama 10 menit.

Dari depan mulut gua di sekelilingnya terdapat akar-akar pohon dan dahan pohon yang kokoh tinggi menjulang menutupi pintu masuk menuju gua. Sekitar 4-5 meter  dari pintu pagar menuju ke dalam gua dan untuk masuk kedalamnya sudah disediakan tangga kayu yang cukup kokoh dan panjang. Begitu sampai di dasar, pengunjung akan disambut dengan penjaga gua.

Tampak depan Gua Mabala Sabu Raijua

Masuk ke dalam Gua selanjutnya terlihat ruang yang memanjang dan banyak lubang di atasnya, dan cahayapun dapat leluasa masuk di dalam gua. Sinar matahari terpancar masuk menembus hingga ke dalam gua melalui lubang-lubang di atap gua. 

Dinding Gua yang berwarna-warni terlihat jelas sehingga menambah kecantikan Gua Mabala bukan hanya Kelabba madja yang cantik akan keindahan batunya yang berwarna-warni namun Gua Mabala pun tidak kalah menarik.

Gua Mabala selain indah juga memiliki cerita masa lampau yang patut diketahui. Nama Mabala sendiri tidak muncul begitu saja, melainkan diambil dari salah satu satria atau orang sakti yang pada saat perang iya menjadikan Gua ini sebagai tempat persembunyian. Nama Kesatria itu adalah Mabala sehingga nama tempat ini adalah Gua Mabala.

Di beberapa tempat dimana ada akar-akar dan ranting pohon yang menjuntai-juntai ke dalam Gua. Disisi Gua tampak bebatuan yang berwarna putih dan terdapat tiga buah batu yang berdiri sejajar. Batu itu dipercayai sebagai lumbung makanan untuk Mabala selama persembunyian di gua itu.

Tidak seperti Gua pada umunya yang berada di atas gunung, Gua ini lumayan unik karena terletak di bawah pohon beringin yang rindang  dan  untuk mengeksplorenya kita harus menuruni anak tangga yang sudah dipersiapkan. Sehingga kita dapat mengaksesnya dengan mudah.

Selain pesona Gua Mabala, kalian juga dapat mengexplore tempat-tempat di sekitaran Gua Mabala ini. Pemandangan laut yang indah akan lebih terasa indah apabilah dinikmati dibawah lopo yang disediakan oleh pengelolah di samping Gua Mabala. Disini juga disediakan kamar kecil atau toilet.

Tevrian Ga kadja, salah satu pengunjung mengaku sangat terpesona dengan keindahan Gua Mabala.

Gua Mabala sangat indah, di tambah dengan pantulan cahaya yang masuk ke dalam gua itu memambah dayah tarik tersendiri untuk gua mabalah. Dapat dijadikan spot foto yang menarik. *** (NP/Manda J.N Ga Kadja)

0

Posting Komentar

Centang kotak "beri tahu saya (Notify Me)" agar mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.