b85nkE7YzjGj5Hni5kXGpWsk4I5044I54leRXMoF
Bookmark

Dinas Transnaker Ende Gelar Rakor Perlindungan PMI, Diikuti Camat dan Kades


Ende - Nusapagi.com || Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Ende menggelar rapat koordinasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Rakor  ini dihadiri oleh para Camat, Lurah dan Kepala Desa serta instansi terkait di Kabupaten Ende. Rakor dilaksanakan di Aula Garuda Kantor Bupati Ende, Selasa (13/12/2022).

Rakor tersebut  mengangkat tema "Optimalisasi Peran Pemerintah Desa Dalam Perlindungan dan Penanganan Masalah Pekerja Migran Indonesia Serta Upaya Pengurangan Pengangguran". 
Rapat Koordinasi dibuka oleh Asisten III  Setda Ende, Hiparkus Hepi.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Ende mengatakan persoalan terhadap para tenaga kerja baik dalam negeri maupun luar negeri masih saja mengalami berbagai persoalan. Persoalan itu seperti perlakuan tidak wajar, kekerasan fisik bahkan kekerasan seksual serta pemberian upah yang tidak sesuai.

Kondisi ini tentunya tidak boleh dibiarkan terus terjadi karena bagaimanapun PMI itu adalah warga yang perlu mendapatkan perlindungan. Meski demikian mesti diakui kebanyakan dari tenaga kerja yang  bekerja di luar negeri maupun dalam negeri kebanyakan tidak mengikuti prosedur resmi sesuai aturan yang berlaku.

Bupati mengharapkan pelaksanaan rakor ini menjadi wahana yang tepat dan strategis bagi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini untuk memberikan kontribusi pemikiran konstruktif untuk perlindungan tenaga kerja. 

"Saya mengharapkan rakor ini dapat menghasilkan rekomendasi atau rumusan - rumusan kebijakan dan program terkait perlindungan tenaga kerja yang lebih bersifat implementatif sehingga berdampak pada penurunan persoalan yang menimpa tenaga kerja," katanya.

Rekor  menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Dinas Transnaker Ende, Kapitan Lingga dengan materi Pelaksanaan Program PMI, Permasalahan dan Tantangan dalam upaya mengurangi pengangguran di Kabupaten Ende.

Narasumber kedua yaitu  Kepala UPT BP2MI Kupang, Siwa dengan materi  tentang pola migrasi kebijakan dan optimalisasi peran pemerintah desa dalam penanganan masalah pekerja migran perantau.

Narasumber ketiga dari Ketua KKP- PMP Keuskupan Agung Ende, RD Reginal Piperno, Peran Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran Perantau Keuskupan Agung Ende dalam upaya perlindungan pekerja migran dalam upaya membendung human  traficking.

Rapat koordinasi ini dimoderatori oleh reporter LPP RRI Ende, Rosa Delima Domingga Daso.* Willy.
Posting Komentar

Posting Komentar

Centang kotak "beri tahu saya (Notify Me)" agar mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.